Jumat, 10 Juni 2011

INSTALASI FIBER OPTIC

Terminasi kabel fiber optik (fiber optic) :

Terminasi kabel fiber optik fiber optic / optic / optik / optics /optical fiber optic cable.
Terminasi adalah proses pemasangan konektor pada fiber optik / optic / optics /optical fiber optic. Proses ini tidak dapat dilakukan secara sembarangan, mengingat diameter kabel fiber optik / optic / optics /optical fiber optic adalah sedemikian kecil, jauh lebih kecil daripada rambut manusia.
Untuk melakukan terminasi diperlukan tool kit yang disebut termination kit. Proses terminasi konektor fiber optik / optic / optics /optical fiber optic dimulai dengan mengupas jaket kabel dengan suatu alat yang dikenal sebagai stripper, lalu core fiber optik / optic / optics /optical fiber optic dipotong dengan alat scribe. Selanjutnya core fiber optik / optic / optics /optical fiber optic dimasukkan ke dalam konektor, yang selanjutnya direkat dengan lem epoxy. Setelah kering, epoxy ini akan dipanaskan dalam oven, untuk selanjutnya fiber optik / optic / optics /optical fiber optic dipoles dengan lapping film. Untuk mengerjakan terminasi, seorang terminator perlu bekerja dengan presisi dan teliti, mengingat yang ditangani adalah kabel fiber optik / optic / optics /optical fiber optic yang sangat kecil, jauh lebih tipis daripada rambut manusia.


Massolusi.com menyediakan jasa outsource untuk terminasi :
fiber optik / fiber optic / optics / optical fiber
/ kabel fiber optik
/ kabel fiber optic / kabel optics / kabel optical fiber




PENYAMBUNGAN KABEL FIBER OPTIC(fo)

Proses penyambungan kabel fiber optik / optic / optics /optical fiber optic cable.
Biasanya kabel fiber optik / fiber optic / fiber optics / fiber optical / fiber optic cable digulung pada haspel. Panjang kabel fiber optik / optic / optics /optical fiber optic cable dalam sebuah haspel bergantung pada besarnya kabel dan haspelnya. Ada haspel yang dapat menampung 2000 m kabel kabel fiber optik / kabel optic / kabel optics / kabel optical fiber optic cable.
Karena kabel fiber optik / optic / optics /optical fiber optic cable digelar untuk jarak jauh (dapat mencapai puluhan atau ratusan kilometer, maka diperlukan proses penyambungan, yang disebut proses splicing. Alat untuk melakukan proses penyambungan kabel fiber optik / kabel fiber optic / kabel fiber optics / kabel fiber optical / fiber optic cable disebut fusion splicer.


Massolusi.com
menyediakan jasa outsource untuk terminasi kabel fiber optik
/ kabel fiber optic / kabel fiber optics /kabel fiber optical fiber


Katalog Kabel Fiber Optik (Kabel Fiber Optc)
& Info Kabel Fiber Optik (Kabel Fiber Optic)


Massolusi.com menyediakan berbagai kebutuhkan Kabel Fiber Optic (Kabel Fiber Optik) & Peralatan Telekomunikasi Kabel Fiber Optic (Kabel Fiber Optik).



Murah dan
Terbaik
di Indonesia


kabel fiber optic



Kemajuan Teknologi Kabel Fiber Optic
Kabel fiber optic adalah salah satu jenis kabel jaringan yang sanggup mengirim paket data sampai ratusan kilometer melalui media cahaya. Dibandingkan dengan jenis kabel lainnya, kabel fiber optic ini paling cepat dalam keceptan pengiriman paket data dan kabel fiber optic bisa menjangkau yang lebih dari 100 kilometer.
Para ahli di dunia saat ini sedang mengupayakan untuk menambah kecepatan dan jangkauan dari jenis kabel fiber optic ini. Untuk bisa menciptakan kabel fiber optic
sehebat ini, para ahli terus mengadakan riset dengan bahan kaca yang paling murni dan berupaya menciptakan diameter core sekecil mungkin. Semakin kecil diamefiber optic ter core dari sebuah kabel maka kabel fiber optic tersebut akan sanggup mengirim data semakin jauh dan cepat. Kabel fiber optic juga termasuk jenis kabel yang tahan terhadap gangguan interferensi elektromagnetik yang menyebabkan kabel fiber optic dapat mengirim data pada kecepatan yang lebih tinggi dibanding dengan jenis kabel lainnya. Kabel fiber optic tidak membawa sinyal elektrik, seperti kabel lainnya yang menggunakan kabel tembaga seperti kabel UTP. Sebagai gantinya, sinyal yang mewakili bit tersebut oleh kabel fiber optic diubah menjadi bentuk cahaya.

Susunan Jacket Kabel Fiber Optic


Kabel Fiber Optic Bisa Menjangkau Ratusan Kilometer :
Sampai saat ini, para ahli masih membagi kabel fiber optic dalam dua jenis, yaitu yang dikenal sebagai kabel fiber optic single mode dan fiber optic kabel multi mode. jenis single mode sanggup menjangkau jarak yang lebih jauh dan hanya mengirim satu sinyal pada satu waktu. Sedangkan kabel fiber multimode sanggup mengirim sinyal yang berbeda pada saat yang bersamaan, mengirim data pada sudut refraksi yang berbeda pada saat yang bersamaan. Kabel single mode dapat menjangkau ratusan kilometer sedangkan kabel multimode biasanya hanya mencapai 550 meter atau kurang untuk mencapai kecepatan 1000MBps.
Konektor kabel terdiri dari banyak jenis, ada tiga jenis konektor yang paling sering digunakan untuk palikasi didunia industri dan teknologi, yaitu konektor kabel fiber optic model ST yang berbentuk lingkaran, konektor kabel fiber optic model SC yang berbentuk persegi dan konektor kabel model LC yang berbentuk persegi tapi kecil dibandingkan dengan konektor kabel fiber optic jenis SC. Dalam aplikasi di lapangan, penggunaan kabel fiber optic ini harus disesuaikan dengan kebutuhan kecepatan dan jarak dilapangan, tentunya harus didukung juga dengan perangkat aktif dan pasif device yang sesuai dengan jenis kabel tersebut. Perangkat aktif dan pasif device yang tidak sesuai dengan jenis kabel fiber optic yang akan dipasang, akan berakibat jaringan kabel tersebut tidak bekerja sama sekali.








Kabel Fiber Optic Adalah Backbone Jaringan Internet Diseluruh Dunia :

Pada saat sekarang ini, kabel fiber optic atau kabel serat optic telah mengubah wajah teknologi industri informasi. Sulit untuk dibayangkan apakah mungkin jaringan internet bisa berkembang seperti sekarang ini, tanpa terciptanya kabel fiber optic. Pada saat terjadi gempa bumi berkekuatan 7,2 skala ritcher yang mengguncang Taiwan dan menyebabkan gelombang FO tsunami yang merusak kabel untuk internet serta landing station yang ada di Taiwan, berdampak sangat serius terhadap koneksi Internet di Indonesia, termasuk koneksi yang dilakukan melalui broadband Speedy. Diperkirakan seluruh koneksi Internet yang mengakses situs-situs di luar negeri, terutama di Amerika mengalami gangguan. Dari peristiwa ini, kita jadi tahu, bahwa backbone jaringan internet diseluruh dunia ternyata menggunakan kabel FO Bayangkan jika seluruh kabel untuk backbone jaringan internet yang menghubungkan antar benua itu terputus. Ya seluruh koneksi internet didunia akan mati total. Kabel FO ternyata memberikan peranan paling besar membuat Internet dapat digunakan di seluruh dunia.

FIBER OPTIC diaplikasikan pada teknologi telepon jarak jauh dan industri automasi dengan pengontrolan jarak jauh :
FO juga diaplikasi untuk teknologi telepon jarak jauh maupun industri automasi dengan pengontrolan jarak jauh.
Ketika kabel menggantikan tembaga (copper) sebagai long distance calls maupun internet traffic yang secara tidak langsung berdampak pada penurunan biaya produksi. Untuk memahami bagaimana sebuah kabel bekerja, sebagai contoh coba bayangkan sebuah sedotan plastik atau pipa plastik panjang fleksible berukuran besar. Bayangkan pipa tersebut mempunyai panjang seratus meter dan anda melihat kedalam dari salah satu sisi pipa. Seratus meter di sebelah sana seorang teman menghidupkan lampu senter dan diarahkan kedalam pipa. Oleh karenakan bagian dalam pipa terbuat dari bahan kaca sempurna, maka cahaya senter akan di refleksikan pada sisi yang lain meskipun bentuk pipa bengkok atau terpilin masih dapat terlihat pantulan cahaya tersebut pada sisi ujungnya. Jika misalnya seorang teman anda menyalakan cahaya senter hidup dan mati seperti kode morse, maka anda dan teman anda dapat berkomunikasi melalui pipa tersebut. Seperti itulah prinsip dasar dari kabel FO atau yang biasa dikenal dengan nama kabel FIBER OPTIC

Kabel FIBER OPTIC terbuat dari serat kaca yang didesain sama dengan tebal rambut manusia :

Pantulan Sinar Kabel Fiber Optic


Sebuah kabel fiber optic terbuat dari serat kaca murni, sehingga meskipun kabel mempunyai panjang sampai beratus-ratus kilometer, cahaya masih dapat dipancarkan dari ujung ke ujung lainnya. setiap core kabel terbuat dari serat kaca yang didesain sangat halus dengan ketebalannya kira-kira sama dengan tebal rambut manusia. Core kabel yang terbuat dari serat kaca tersebut dilapisi oleh 2 lapisan plastik (2 layers plastic coating) dengan melapisi serat kaca dengan plastik, akan didapatkan equivalen sebuah cermin disekitar serat kaca.
Cermin ini menghasilkan total internal reflection (refleksi total pada bagian dalam serat kaca).
sama seperti jika kita berada pada ruangan gelap dengan sebuah jendela kaca, kemudian anda mengarahkan cahaya senter 90 derajat tegak lurus dengan kaca , maka cahaya senter akan tembus ke luar ruangan. Akan tetapi jika cahaya senter tersebut diarahkan (ke jendela berkaca) dengan sudut yang rendah (hampir paralel dengan cahaya aslinya), maka kaca tersebut akan berfungsi menjadi cermin yang akan memantulkan cahaya senter ke dalam ruangan. Jadi pada kabel FIBER OPTIC cahaya berjalan melalui serat kaca pada sudut yang rendah.

System modern dengan single laser bisa mentransmitkan jutaan bit/second :
Pada aplikasi untuk mengirimkan percakapan2 telepon melalui kabel , suara analog di rubah menjadi sinyal digital. Sebuah laser transmitter pada salah satu ujung kabel on/off untuk mengirimkan setiap bit sinyal. System modern dengan single laser bisa mentransmitkan jutaan bit/second. atau bisa dikatakan laser transmitter on dan off jutaan kali /second.
System terbaru laser transmitter dapat mentransmitkan warna-warna yang berbeda untuk mengirimkan beragam sinyal digital dalam kabel yang sama.

INSTALASI FIBER OPTIC


Sinyal Cahaya Pada Kabel Fiber Optic

Pada saat ini, kabel telah sanggup mengirim sinyal digital dengan jarak lebih 100 Km. Pada jalur distribusi jarak jauh biasanya terdapat peralatan tambahan (equipment hub) setiap 100Km, yang berfungsi pick-up equipment yang akan menampung, menguatkan sinyal, dan kemudian me- retransmit-kan sinyal ke equipment selanjutnya.


Jasa Instalasi Kabel Fiber Optic



Instalasi Kabel Fiber Optic 300 Meter





No.

Spesifikasi

Qty
1. - Kabel Fiber Optic (Kabel Fiber Optik)
4 Core, Mas
300 Mtr
2. - FO (Kabel Fiber Optic / Kabel Fiber
Optik ) Wallmount Rack, Mas
2 Unit
3. - FO (Fiber Optic / Fiber Optik)
Connector, Mas
4 Pcs
4. - FO (Fiber Optic / Fiber Optik ) Buffer
Tubing Kits, Mas
4 Pcs
5. - Patch Cord FO (Fiber Optic / Fiber
Optik ) 3Mtr, Mas
2 Pcs
6. - Switch Converter FO (Fiber Optic /
Fiber Optik ), Mas
2 Pcs
7. - Material Support FO (Fiber Optic /
Fiber Optik ), Mas
1 Lot
8. - Jasa Instalasi Kabel Fiber Optic (Kabel
Fiber Optik) , mas
1 Lot
9. - Dokumentasi & Drawing FO (Fiber
Optic / Fiber Optik ), Mas
1 Lot

Tidak ada komentar:

Posting Komentar