Jumat, 10 Juni 2011

FIBER OPTIC

FIBER OPTIC adalah merupakan satu jenis kabel yang terbuat dari bahan kaca atau sejenis plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mengirim sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Sumber cahaya yang digunakan biasanya adalah laser. Kabel ini berdiameter lebih kurang 120 mikrometer.

Perkembangan teknologi fiber optic sampai saat ini, telah dapat menghasilkan pelemahan (attenuation) kurang dari 20 decibels (dB)/km. Dengan lebar jalur (bandwidth) yang besar sehingga kemampuan dalam mengirimkan data menjadi lebih banyak dan cepat dibandingan dengan penggunaan kabel konvensional seperti kabel UTP. Dengan demikian kabel fiber optic sangat cocok digunakan terutama dalam aplikasi sistem telekomunikasi data. Pada prinsipnya kabel fiber optic memantulkan dan membiaskan sejumlah cahaya yang merambat didalamnya.

Efisiensi dari fiber optic ditentukan oleh kemurnian dari bahan penyusun gelas/kaca. Semakin murni bahan gelas, semakin sedikit cahaya yang diserap oleh kabel fiber optic tersebut.

Fiber optic merupakan media yang paling canggih dalam hal pengiriman data.
Kabel FO terbuat dari bahan kaca yang dibungkus kulit pelindung yang berfungsi sebagai protektor bahan kaca FO yang rapuh.
Mode fiber optic terdiri dari single mode dan multi mode, yang membedakan keduanya adalah dari ukuran diameter kaca fiber optic. Adapun fiber optic patch biasanya digunakan sebagai penghubung dengan media converter. Teknik terminasi fiber optic ada yang menggunakan teknik lem apoxy dan teknik terminasi fiber optic splicing. Yang membedakan kabel fiber optic multimode dan multimode fiber optic adalah dalam hal jarak transmisi data. Kabel fiber optic tipe single mode bisa kirim data lebih jauh dibandingkan dengan kabel fiber tipe multimode. Untuk koneksi ke media Converter diperlukan fiber optic connector. Dewasa ini fiber optic sudah digunakan untuk mengirim sinyal internet ke seluruh dunia.babel optic optic juga banyak digunakan dalam media komunikasi untuk sensor fiber optic sensor


Tidak ada komentar:

Posting Komentar